Kamis, 14 Februari 2019

Program Pendidikan dari Pemerintah Untuk Mereka yang Kurang Mampu

Tags

            Pendidikan dan kesehatan rakyat merupakan hal yang paling penting bagi pemerintah. Apalagi Indonesia merupakan negara berkembang dimana untuk amsalah kesehatan dan pendidikan masih membutuhkan bantuan dari pemerintah. Untuk mengatasi masalah dalam hal kesehatan, Indonesia memiliki program BPJS, sednagkan untuk masalah pendidikan, Indonesia memiliki sebuah program dimana kita mengenal yang namanya Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program  pendidikan bagi warga negara Indonesia ini resmi diberlakukan sejak masa kepemimpinan presiden Joko Widodo, lebih tepatnya pada Tahun 2014 lalu. Selain KIP, Presiden Jokowi juga memberlakukan program pemerintah dalam hal kesehatan yaitu KIS atau kartu Indonesia Sehat. Untuk bidang kesejahteraan, kita juga mengenal adanya program Kartu Keluarga Sejahtera di beberapa kantor pos di jakarta.

Program Pendidikan dari Pemerintah Untuk Mereka yang Kurang Mampu

            Yang kali ini akan kita bahas adalah mengenai program pemerintah dalam hal pendidikan yaitu KIP. Kartu yang bentuknya mirip dengan kartu ATM ini diperuntukkan bagi keluarga miskin yang memiliki anak usia sekolah. Kartu ini merupakan tanda bagi mereka yang diberikan uang tunai yang tersimpan di kartu tersebut. Selain itu, pemegang kartu KIS juga bisa menyekolahkan anaknya secara gratis. Tujuan uatama darai diterapkannya program yang satu ini adalah untuk mengurangi masalah putuh sekolah dan meningkatkan pendidikan bagi seleuruh warga Indonesia.

KIS ini telah diberlakukan untuk semua daerah terutama yang memiliki keluarga miskin. Program yang dimulai pada bulan november 2014 ini setidaknya telah diberikan kepeda sekitar 157.943 anak usia sekolah di Indonesia dari berbagai keluarga yang kurang mampu. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tujuan dari diadakannya program KIP dari pemerintah. Manfaat utama dari KIP ini adalah untuk penanda serta menjamin para pemegangnya agar menikmati program pembiayaan pendidikan bagi anak usia sekolah terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Manfaat lainnya adalah sebagai sarana memberikan bantuan bagi anak usia sekolah yang termasuk ke dalam penyemdang masalah kesejahteraan sosial serta penghuni panti asuhan yang kesulitan untuk mengenyam pendidikan. Program pendidikan ini diprioritaskan untuk mereka yang merupakan penerima BSM dari oemegang KPS. Selain itu, KIS ini juga diprioritaskan untuk keluarga pemegang KKS maupun KPS. Anak usia sekolah yang berasal dari keluarga PKH juga menajdi salah satu prioritas penerima program pendidikan KIS. Priorotas lainnya ditujukan kepada santri pondok pesantren yang termasuk ke dalam pemilik KPS dan KKS. Begitu juga untuk mereka anak usia sekolah yang merupakan korban bencana maupun yang kesulitan ekonominya. Kurang lebih itu dia prioritas penerima program pendidikan dari pemerintah.

            Secara perlahan, program pemerintah ini sudah mulai dirasakan manfaatnya. Masalah pendidikan seperti putus sekolah dapat dikurangi dengan adanya program pendidikan dari pemerintah yang satu ini. Kesimpulannya bantuan KIP ini siberikan bagi mereka anak usia 7 tahun hingga 21 tahun entah yang sudah terdaftar di sekolah maupun yang belum. Pada KIP terdapat ebebrapa informasi mengenai pemegang kartu seperti nama, tempat tanggal lahir, wali, alamat, nomor induk, dan beberapa hal terkait.

Selain program bantuan dari pemerintah di bidang pendidikan ini, kartu indonesia sehat juga dapat dinikmati oleh warga indonesia yang butuh berobat. Program dalam bidang kesehatan ini diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kartu ini diberikan sebagi jaminan kesehatan yang diluncurkan pada Januari 2014 lalu. Program KIS ini dibentuk dan diselenggarakan pemerintah. 


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.