Jumat, 26 April 2019

Aplikasi BPN Online, Permudah Anda Urus Sertifikat Tanah

Tags

Di zaman yang serba modern ini, teknologi nyaris menyentuh seluruh lini kehidupan. Tak berhenti pada alat komunikasi yang semakin modern dan canggih, kini hadir juga alat-alat canggih dalam bidang yang lain. BPN atau Badan Pertanahan Nasional tentunya juga tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi ini.

Aplikasi BPN Online, Permudah Anda Urus Sertifikat Tanah

Baru-baru ini, muncul aplikasi BPN online, yakni aplikasi online milih BPN. Dengan adanya aplikasi ini, kita tak perlu repot-repot lagi mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan tanah langsung ke kantor BPN. Kini, hanya tinggal klik-klik saja di ponsel pintar Anda, dan urusan pertanahan tersebut akan beres.

Nah, jika Anda belum memanfaatkan aplikasi ini, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang aplikasi dari BPN itu. Simak sampai selesai, ya!

Seputar Aplikasi BPN
Aplikasi BPN ini diberi nama resmi yaitu Sentuh ATRBPN. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan banyak hal terkait urusan tanah. Misalnya saja, untuk mengecek asli atau palsunya sertifikat tanah, Anda tidak perlu jauh-jauh lagi ke kantor BPN.  Selain itu, Anda juga bisa mengecek proses pembuatan balik nama terhadap sertifikat Anda. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang biaya dan hal lainnya untuk mengurus sertifikat tanah.

Aplikasi BPN online memang dibuat untuk memberi kemudahan kepada masyarakat terkait informasi yang berhubungan dengan sertifikat tanah. Untuk mengecek keaslian sertifikat misalnya, Anda tinggal klik saja menu info sertifikat, lalu memasukkan nomor Hak, nomor sertifikat, serta nomor surat ukur. Nah, langkah mudah ini akan membuat Anda tahu keaslian sertifikat tersebut.

Di dalam aplikasi ini juga ada menu Informasi Berkas, yang dapat digunakan untuk mencari tahu informasi berkas dengan cara online. Berkas ini tentunya merupakan berkas yang sudah terdaftar dalam kantor pertanahan di Indonesia yang juga telah terdaftar secara online. Caranya pun juga mudah sekali, Anda tinggal klik menu Info Berkas, kemudian Anda harus mengisi kantor pertanahan di mana Anda melakukan pembuatan sertifikat. Setelah itu, mengisi nomor berkas, tahun berkas, dan PIN.

 Anda pun bisa mendapatkan informasi penting seperti syarat serta biaya untuk proses balik nama sertifikat tanah Anda. Bagaimana caranya membuat sertifikat hibah, cara mengganti sertifikat yang rusak, mengubah sertifikat HGB menjadi SHM, dan sebagainya. Banyak sekali bukan, yang bisa dilakukan melalui aplikasi BPN online ini?

Ada juga peta.bpn.go.id yang bisa membuat Anda tahu tentang status sertifikat tanah tempat tinggal Anda. Dengan situs ini, akan diperlihatkan peta area rumah Anda dengan lengkap, serta informasi status tanah yang ada di BPN. Informasi itu ditampilkan dengan bentuk peta yang sangat detail, serta informasi tanah seperti Hak Guna Usaha, Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Wakaf, Hak Pengelolaan, sampai Tanah Adat.

Cara Menggunakan Aplikasi Ini
Tentu aplikasi BPN online ini akan sangat memudahkan Anda dalam menyelesaikan urusan pertanahan, ya. Nah, caranya supaya Anda bisa menggunakan aplikasi ini yang pertama adalah dengan mendownloadnya. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di Play Store, dengan menuliskan keyword Sentuh Tanahku.

Setelah diunduh, Anda pun harus melakukan registrasi dengan menulis username Anda di kolom tersebut, alamat email, dan passwordnya. Anda kemudian akan mendapatkan balasan email yang mengharuskan Anda untuk memverifikasi akun tersebut. Sudah, Anda pun bisa melakukan aktivitas dengan aplikasi ini.

Bagaimana Cara Mengecek Keaslian Sertifikat?
Setelah resmi menjadi pengguna aplikasi BPN online ini, Anda pun sudah bisa melakukan berbagai hal di dalamnya. Seperti jika ingin mengecek keaslian sertifikat, bagaimana caranya? Cukup mudah, di aplikasi ini Anda hanya tinggal mengklik menu Info Sertifikat. Kemudian, klik daftar sertifikat dan akan muncul data lengkap sertifikat. Jika data sertifikat Anda tidak muncul, berarti sertifikat yang Anda miliki belum terdaftar di kantor BPN tersebut. Sangat simpel, bukan?

Bagaimana Cara Mengecek Proses Pembuatan Sertifikat?
Nah, layanan aplikasi yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang sedang dalam proses pembuatan sertifikat tanah. Tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk pergi ke kantor BPN dan menanyakan ini, Anda tinggal klik-klik saja dengan ponsel pintar Anda.

Klik saja menu Informasi Berkas di aplikasi BPN online. Di situ Anda akan diminta untuk mengisi lokasi kantor BPN yang tengah mengerjakan sertifikat Anda. Kemudian, masukkan nomor berkas beserta tahun pembuatannya. Klik, dan akan muncullah informasi selengkapnya tentang kapan sertifikat milik Anda tersebut akan selesai dibuat. Mudah sekali, ya.

Bagaimana Cara Mempetakan Tanah yang Anda Miliki?
Dirangkum dari Liputan6.com, jika Anda ingin mempetakan tanah yang dimiliki, caranya juga mudah sekali. Anda tinggal klik menu Plot Bidang Tanah di aplikasi tersebut. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan data tentang informasi tanah, dan klik simbol data plotting. Carilah lokasi tanah dengan mengarahkan kursor ke tanah Anda. Klik simpan plot, lalu fotolah sertifikat dan kirimkan. Plot tanah pun selesai. BPN akan segera melakukan verifikasi pada bidang tanah yang Anda ajukan tersebut. Mudah, bukan?

Nah, itu dia seputar aplikasi BPN online ini. Bagaimana menurut Anda, bukankah aplikasi ini akan sangat memudahkan Anda untuk urusan tanah ini? Banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan aplikasi tersebut. Di antaranya, Anda jadi lebih menghemat waktu, tidak perlu jauh dan mengantre di kantor BPN. Anda juga bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun.

Jadi tunggu apalagi, yuk segera download aplikasi BPN online sekarang juga!


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.