Selasa, 14 Mei 2019

Kompresor AC Mobil Bermasalah, Segeralah ke Bengkel AC Mobil!

Tags

Kompresor AC mobil adalah komponen yang paling penting dalam sistem pendingin ruangan mobil Anda. Tugas dari kompresor ini sendiri adalah untuk menyalurkan sirkulasi freon ke seluruh saluran sistem AC dengan cara menaikkan tekanannya. Namun, bila kompresor AC Anda bermasalah, tentu Anda susah. Oleh sebab itu, segeralah ke bengkel AC mobil!

Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak



1. Terputusnya Sekring
Salah satu penyebab kompresor AC rusak adalah karena terputusnya sekring. Jika sekring putus, maka arus listrik tak akan mengalir ke kompresor. Kalau sudah begini, semburan freon juga akan berhenti dan inilah yang menyebabkan AC jadi tak dingin.

2. Oli Kompresor Habis
Penyebabnya yang lain adalah karena kompresor yang habis. Oli ini memiliki fungsi untuk melumasi bantalan komponen kompresor yang saling bergesekan. Kalau olinya habis, maka bisa dipastikan kompresornya terganggu dan tekanan yang dihasilkan tak akan sampai ke kabin mobil.

3. Kipas AC yang Lemah
Masalah lainnya adalah karena kipas AC yang lemah. Kipas yang lemah ini bisa membuat tekanan berlebih pada freon dan ini bisa menyebabkan overheat pada Ac Anda. Kalau sudah begini, AC akan lebih rentan mengalami kebocoran.

4. Gas Freon yang Terlalu Sedikit
Lalu, kompresor juga bisa bermasalah karena gas freon yang terlalu sedikit. Isilah freon secara teratur sebelum habis untuk menghindari masalah ini. Namun ingat, jangan terlalu banyak juga. Sebab, gas freon yang terlalu banyak juga akan membuat masalah yang sama pada AC Anda.

5. Kebuntuan
Kompresor AC juga bisa rusak bila ada masalah kebuntuan. Kebuntuan yang terjadi di aliran sirkulasi membuat freon terhambat dan ini membuat kompresor cepat rusak. Ini terjdi karena kompresor dipaksa untuk memompa freon padahal sirkulasinya terhambat. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk service AC mobil teratur untuk hindari hal ini.

6. Usia Pemakaian
Penyebab lainnya adalah usia pemakaian kompresor itu sendiri. Anda harus tahu bahwa seluruh komponen tersebut memiliki batas usia maksimal. Bila sudah melewatinya, maka kinerjanya tak akan optimal dan membuat AC Anda juga tak akan maksimal kinerjanya. Oleh sebab itu, bila sudah masuk batas usia pemakaian, lebih baik diganti saja.

Mengatasi Kompresor yang Bermasalah
Untuk mengatasi kompresor AC yang bermasalah, Anda sebaiknya memang harus [erawatan rutin AC mobil Anda. Lakukanlah perawatan secara rutin di bengkel mobil yang terpercaya dan diyakini bagus pelayanannya. Dengan begitu, percepatan kerusakan pada kompresor AC mobil bisa dihindari, kecuali karena usia kompresor yang memang sudah tua.

Nah, sudah tahu apa saja penyebab kompresor AC yang bermasalah, kan? Meski sudah tahu, pastikan Anda melakukan service AC mobil rutin untuk menghindari semua masalah tersebut. Salah satu bengkel AC terbaik yang bisa Anda kunjungi adalah supercar.id yang memiliki tim terbaik untuk mengatasi semua masalah AC mobil Anda.


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.