Kamis, 19 September 2019

Begini Tips Merawat Luka Caesar, Jangan Sampai Salah

Luka bekas operasi caesar memang kadang masih menyebabkan nyeri terutama di hari-hari pertamanya, ya. Luka ini juga tidak sesederhana luka memar atau lainnya yang bisa segera sembuh setelah diberi obat luka jatuh cepat kering.

Begini Tips Merawat Luka Caesar, Jangan Sampai Salah

Merawat luka caesar tidaklah sembarangan, melainkan ada tips dan caranya supaya luka ini cepat kering dan kondisi Anda cepat pulih. Nah, bagaimana tipsnya? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Jangan Sampai Basah
Tips yang pertama adalah jangan sampai bekas luka caesar tersebut basah. Di minggu pertama atau saat  pulang dari rumah sakit, luka tersebut pasti akan ditutup dengan plester atau perban yang kuat serta tahan air. Tentunya Anda diperbolehkan mandi karena tidak akan membasahi luka tersebut.

Tapi, ini juga harus dilakukan dengan hati-hati karena Anda harus memastikan bahwa perekat tetap menempel di kulit dengan kuat. Menggosok perut saat mandi harus ekstra hati-hati, begitu pula saat beraktivitas lain. Jangan sampai perut meregang yang bisa berakibat pada copotnya perekat perban.

Kenakan Pakaian Longgar
Cara yang kedua adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar seperti daster atau piyama. Ini juga penting untuk menjaga supaya penutup luka tidak tergesek sehingga perekatnya lepas. Boleh saja memakai celana jika memang harus, tapi pastikan juga memakai dalaman terlebih dahulu. Ini berfungsi supaya celana tidak menggesek perban penutup secara langsung.

Pakailah Korset Perut
Untuk apa? Pasca operasi caesar, perut benar-benar harus ditahan dari goncangan. Goncangan ini, meski sedikit tapi akan berdampak nyeri pada bekas luka. Karena itulah pemakaian korset perut bisa dijadikan alternatif solusinya. Dengan korset, goncangan yang ditimbulkan seperti saat Anda batuk atau bersin, bisa dikurangi.

Jangan Pakai Antiseptik
Luka bekas caesar tidak seperti luka biasa yang memerlukan antiseptik untuk penyembuhannya. Justru, antiseptik akan menghambat penyembuhan luka. Setelah mandi dan digosok pelan dengan sabun, cukup keringkan saja tanpa perlu memberi antiseptik di sekitarnya.

Nah, itu dia beberapa cara perawatan luka operasi caesar yang bisa dilakukan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat!


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.