Jumat, 29 November 2019

MENGENAL TANDA-TANDA WHIPLASH; CIDERA LECUTAN YANG MENGGANGGU AKTIVITAS

Tags


Tanda-tanda whiplash – dikutip dari hellosehat.com, whiplash atau cidera lecutan adalah kondisi di mana leher mengalami lecutan yang tidak biasa sehingga menyebabkan cidera dan memberi kesan tidak nyaman bagi penderita.

Cidera lecutan ini terjadi manakala leher yang semula bergerak pasif tiba-tiba terhentak oleh satu dan dua kejadian.

Hal membuat kondisi ini terjadi adalah kecelakaan, kekerasan fisik, atau jatuh saat sedang melakukan aktivitas olahraga. Saat melakukan ketiganya, Anda memiliki resiko yang sama mengalami gangguan kesehatan ini.

MENGENAL TANDA-TANDA WHIPLASH; CIDERA LECUTAN YANG MENGGANGGU AKTIVITAS
Sumber gambar klikdokter.com

Tentu, gangguan kesehatan ini adalah cidera biasa. Bisa dibilang tidak begitu parah dan membahayakan juga.

Tapi di luar itu, Anda juga harus tetap waspada dan merawat cidera ini dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, saat Anda salah dan terlambat melakukan perawatan, cidera mungkin akan bertambah parah dan memberikan kesan yang lebih tidak nyaman untuk diri Anda.

Whiplash atau cidera lecutan sendiri memiliki beberapa tanda-tanda yang bisa Anda kenali. Tanda-tanda whiplash bisa Anda simak pada pembahasan di bawah ini.

NYERI LEHER; TERLEBIH BILA SEDANG DIGERAKAN; TANDA-TANDA WHIPLASH

Dikutip dari doktersehat.com cidera lecutan biasanya berfokus pada leher. Saat Anda mengalami cidera ini, Anda akan merasa sangat tidak nyaman, terlebih saat Anda menggerakan leher. Anda akan merasakan sakit dan nyeri yang tidak biasa. Anda juga akan merasakan sensasi tidak nyaman, bahkan saat leher Anda diam sekalipun.

Ini adalah tanda yang paling umum dan mudah dikenali. Saat Anda mengalami tanda ini, besar kemungkinan Anda mengalami gangguan whiplash.

MUNCULNYA RASA SAKIT SAAT MENOLEH KE KIRI DAN KE KANAN; TANDA-TANDA WHIPLASH

Selain timbul rasa sakit saat digerakan, rasa sakit juga akan timbul manakala Anda menolehka kepala ke kiri dan ke kanan. Saat ini Anda lakukan, perasaan nyeri dan tidak nyaman akan timbul. Ini jelas sangat mengganggu dan membuat aktivitas Anda terbatas. Anda pun bisa kehilangan banyak kesempatan dan waktu produktif Anda karena masalah ini.

Jika Anda sudah mendapati gejala ini, segeralah menghubungi dokter atau melakukan tindakan mandiri sebagai penanganan awal.

NYERI PADA AREA BAHU; TANDA-TANDA ANDA SEDANG TERKENA WHIPLASH

Selain area leher, bagian tubuh yang bisa terkena cidera lecutan adalah bahu. Anda bisa merasakan sakit di area bahu pasca kecelakaan atau setelah aktivitas fisik. Khusus untuk aktivitas fisik, cidera ini biasanya timbul saat Anda tidak melakukan pemanasan. Cidera ini juga bisa timbul saat Anda terjatuh dan tidak bisa mendarat dengan baik.

Jika hal ini terjadi, tindakan yang paling dianjurkan adalah segera menghubungi dokter atau praktisi kesehatan. Dengan melakukannya, sedikit banyaknya resiko lebih besar akan lebih teratasi.

SAKIT DI AREA PUNGGUNG DAN KEPALA; TANDA-TANDA ANDA SEDANG TERKENA WHIPLASH

Saat Anda terkena cidera lecutan, Anda tidak hanya mengalami rasa kurang nyaman dan sakit di area leher saja. Anda bisa aja mengalami sakit dan nyeri di area lain. Sebut saja punggung dan kepala. Saat hal ini terjadi, cara terbaik untuk meredakan nyeri adalah dengan mengompres area yang terasa nyeri.

Tapi itu adalah tindakan awal. Setelahnya harus diikuti penanganan medis. Terlebih bila rasa nyeri dan sakit timbul pasca kecelakaan atau jatuh setelah melakukan aktivitas fisik.

Itulah tanda-tanda whiplash. Tanda-tanda di atas mungkin hanya sebagian kecil dari sekian banyak tanda gangguan kesehatan ini. Ya, tanda-tanda di atas mungkin akan mirip dengan tanda gangguan kesehatan lain. Oleh karenanya, kesigapan dan informasi dipentingkan dalam hal ini.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.